Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Advertisement
Pada kesempatan ini saya akan share artikel tentang Pengertian Sumber Daya Alam  serta sifatnya, semoga saja dapat membantu para saudara saudari yang lagi membutuhkan. Langsung saja kita simak bersama Pengertian Sumber Daya Alam di bawah ini :

Pengertian Sumber Daya Alam


Istilah sumber daya alam menurut ireland dalam soerianegara adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.Menurut Isard dalam soerianegara mendefinisikan sumber daya alam sebagai keadaan lingkungan dan bahan bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Soerianegara mengatakan secara definisi  Sumber daya alam adalah unsur - unsur lingkungan alam , baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

Sumber daya alam dapat dibedakan menurut sifatnya yaitu :

1). Sumber daya alam fisik
contonya: Tanah, Air, dan Udara
2). Sumber daya alam hayati
Contohnya: Hutan, Padang rumput, Tanaman, pertanian, perkebunan, margasatwa, dan populasi ikan.

Menurut Mattheus et al 1971 dalam soerianegara pembagian lain membedakan sumber daya alam menurut macam habitat dan subratum yaitu sumber daya alam terestris ( daratan ) dan sumber daya alam akuatik (perairan). Menurut Isard 1972 dalam soerianegara sumber daya alam dapat dilihat dari tiga kemungkinan pemulihannya yaitu :

1). Sumber daya alam yang dapat dipulihkan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui berupa benda hidup yang dapat dikembangkan terus menerus sehingga tidak pernah habis. Sumber daya alam ini terdiri dari sumber daya alam hayati, contohnya pertanian, perkebunan dan perhutanan, dan sumber daya alam hewani, contohnya peternakan dan perikanan.
2). Sumber daya alam yang tidak dapat dipulihkan adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sehingga tidak dapat dikembangkan apabila telah habis, karena berupa benda benda mati sehingga tidak dapat dikembang biakkan. Contohnya adalah minyak bumi, bauksit, emas, perak dan timah.

3). Sumber daya alam yang tidak akan pernah habis atau punah adalah sumber daya alam yang berupa benda mati, tetapi mempunyai sifat tidak pernah punah atau habis karena terus menerus diperbaharui secara alami. Contohnya energi matahari, energi pasang surut, serta udara dan air dalam siklus hidrologi.

Demikian artikel tentang Pengertian Sumber Daya Alam yang kami rangkum dalam blog ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Advertisement