Fungsi Lambung

Advertisement
FungsiLambung – Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit artikel yang mengenai fungsi lambung pada manusia, semoga saja dapat membantu.Lambung manusia terletak pada daerah kiri atas rongga perut dan merupakan bagian penting dari sistem pencernaan.

Lambung terletak tepat di bawah diafragma dan otot. Jika memperhatikan gambar saluran pencernaan, lambung didahului dengan kerongkongan dan diikuti oleh duodenum. Dengan kata lain, lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan yang ditempatkan antara kerongkongan dan duodenum. Esophageal sphincter mengontrol pergerakan makanan dari kerongkongan ke lambung dan sfingter pilorus bertanggung jawab untuk mengatur gerakan makanan dicerna sebagian dari lambung ke duodenum, yang merupakan bagian pertama dari usus kecil.
Lambung atau Ventrikulus merupakan suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Fungsi lambung secara umum adalah tempat dimana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan tersebut diserap.
Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap.
 Lambung dapat dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Kardia, Lambung bagian atas, daerah pintu masuknya makanan dari kerongkongan itu sendiri
  • Fundus, Lambung bagian tengah dan bentuknya membulat
  • Pilorus, Lambung bagian bawah, lambung bagian yang ini adalah daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari atau sering disebut dengan duodenum

Dinding lambung tersusun menjadi 4 lapisan yaitu:
  • Mucosa.
  • Submucosa.
  • Muscularis.
  • Serosa.

Makanan yang bersifat basa di belakang pilorus akan merangsang pilorus untuk membuka. Akibatnya, makanan yang asam dari lambung masuk ke duodenum. Demikian seterusnya. Jadi, makanan melewati pilorus menuju duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna efektif. Seteleah 2 sampai 5 jam, lambung kosong kembali.

Demikian artikel tentang Fungsi Lambung semoga dapat bermanfaat.(MP)

Jangan Lupa Baca Juga:
Advertisement